10 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT TRAVEL KELUAR NEGERI


Menjelajahi tempat-tempat yang baru bagi saya merupakan sarana belajar banyak hal. Kadang kalau kita berada di tempat yang sangat jauh dan asing dari zona nyaman, kita akan menemukan banyak hal baru seperti kebudayaan yang baru, kebiasaan masyarakat setempat yang mungkin berbeda, dan melatih kedisiplinan dan kemandirian kita. Haha. Saya sih selalu berusaha mendapatkan suatu pelajaran baru sekecil apapun dari setiap perjalanan saya. Contohnya waktu ke Thailand, waktu itu bertepatan dengan peringatan 1 tahun kematian Raja Thailand. Penghormatan dari rakyat terhadap rajanya begitu besar, banyak yang menyalakan dupa dan memajang foto raja Thailand di setiap lobby hotel, depan restaurant, atau tempat umum lainnya. Kemudian warga lokalnya menggunakan pakaian warna hitam sebagai bentuk bela sungkawa. Dari sini saya belajar bahwa kita perlu menghormati pemimpin kita, entah pemimpin negara ataupun pemimpin dalam lingkungan kerja kita.


Banyak yang bilang, "Ngapain jalan-jalan ke luar negeri sih? Kaya ga cinta Indonesia aja. Emang udah jelajahi Indonesia semuanya?"

Well said. Belum banyak, bahkan sangat banyak setiap sudut dari Negara saya yang belum pernah saya jelajahi. But please, bukan berarti saya ga cinta Indonesia loh! Ya kali semudah itu orang-orang membuat kesimpulan haha. Pertama sih, harga tiket pesawat perjalanan dalam negeri tergolong MAHAL. Ke Bali, tiket PP dari Jakarta bisa sampai Rp900,000 yah. Itu juga tiket udah murah banget. Meanwhile, saya cuma butuh ngeluarin yang Rp500,000 untuk tiket promo PP Jakarta - Singapura. Jadi terkadang, kalau memang hanya ingin travelling tapi tidak ada niat banget ke suatu tempat, ya random aja dan cari yang murah. Kedua, ya itung-itung pergi ke negara lain kan berarti bertemu dengan orang-orang yang sangat berbeda dengan kebiasaan kita. Balik lagi, kali aja mendapatkan pelajaran baru.

Nah buat kalian nih yang ingin juga mencoba jalan-jalan ke luar negeri tapi masih takut. Aku ada beberapa tips agar perjalanan kamu menyenangkan.

1. TIDAK PERGI SENDIRI


Sebenarnya traveller itu ada dua macam yah, ada yang suka solo travelling dan travel bersama teman-teman atau keluarga. Bagi yang berjiwa adventurous mungkin solo travelling sangat cocok. Tapi buat kamu yang merasa takut pergi sendiri ke tempat yang asing, cobalah pergi bersama teman-teman dekatmu terlebih dahulu. Pergi bersama teman-teman dekat akan menciptakan perasaan yang aman dan nyaman buat kamu. 




2. MENGUASAI SETIDAKNYA BAHASA INGGRIS ATAU BAHASA LOKAL DASAR


Walaupun kamu pergi bersama teman-temanmu atau keluargamu, saya sarankan ya jangan terlalu mengandalkan temanmu yang bisa berbahasa asing untuk komunikasi. Karena pasti akan ada suatu moment juga sih kamu akan berkomunikasi entah saat membeli sesuatu, membeli barang atau makanan, atau mungkin kamu tiba-tiba ditanya orang asing yang ada di sana juga. Haha. Everything can happen! Wkwk. Ya amit-amit jangan sampe nyasar yah haha.

Saya biasanya suka belajar sendiri kata-kata/kalimat sehari-hari gitu dari internet, misal bahasa Thailand 'Terima kasih', 'Halo', dan lain-lainnya. Karena terkadang tidak semua Negara menerapkan bahasa Inggris. Contohnya waktu di Thailand, kalau saya tanya, 'Where is the exit gate?' Orangnya bingung, Lalu saya ubah pertanyaannya, 'Exit?' (sambil pake bahasa tubuh). Baru deh orangnya menunjuk dimana pintu keluar. Hahaha. Kadang seperti itu kondisinya.

3. MENCARI TIKET PROMO DARI JAUH HARI

Penting banget ini nih! Biasanya tiket promo sering muncul untuk perjalanan mulai penerbangan dari xxxxx, which is masih beberapa bulan ke depan. Promo yang dimaksud bukan promo potongan tiket pesawat semata yah, tapi berupa BIG SALE. Hehe, emang cuma mall yang bisa BIG SALE.



Saya kasih contoh yah, saat saya buat post ini, apakah kalian tau kalau Air Asia sedang ada promo Free Seats? Tiket pesawat PP Jakarta - Penang (Malaysia) cuma Rp 259,000 loh! Tapi penerbangan mulai September 2019. Nah jadi saya sih ini kesempatan yang bagus, kita beli tiketnya dulu. Terus sambil menunggu keberangkatan, kita bisa nabung, bikin paspor (kalau belum punya), dan siapkan itinerarynya. Jadi tidak serba mendadak. Bahkan untuk yang gabisa cuti mendadak, cutinya bisa diarrange dari jauh hari.

Selain tiket pesawat, tiket hiburan juga bisa loh dipesan dari Indonesia. Bahkan kadang harganya jauh lebih murah, dulu misalnya bisa beli tiket promo di Groupon (sekarang Fave.com), atau sekarang ada juga Klook.com. Tidak hanya lebih murah, tapi juga jadi lebih mudah. Kita tidak perlu antri di sana, cukup menunjukkan bukti pembelian dari email dan kasih identitas kita. Dan yang penting sih kita ga akan ketipu yah, ya siapa tau di sana ada calo juga kan. Kita ga pernah tau. Hihihi.

4. BUAT PASPOR

Nah seperti pada poin 3, keuntungan beli tiket perjalanan dari jauh hari itu kita bisa persiapkan hal-hal lainnya lebih matang. Terutama PASPOR. Pembuatan paspor tidak sulit, hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 hari bisa jadi. Pengambilan paspor juga bisa diwakilkan oleh orang yang satu Kartu Keluarga. Jadi kalau kalian khawatir harus ambil cuti berapa banyak ketika membuat paspor, bisa dengan cuti setengah hari saja kok. Yuhu. Mantap kan.

Source: https://www.moneysmart.id/
5. SIAPKAN ITINERARY LENGKAP DENGAN RENCANA KEUANGAN

Salah satu hal paling penting dalam perjalanan wisata adalah perencanaan perjalanan dan keuangan. Di dalam geng saya, biasanya saya menjadi tumbal nih untuk membuat rencana perjalanan/itinerary. Tapi sebelumnya kami bertemu dulu untuk meeting tempat-tempat mana yang akan dikunjungi, lalu nanti pada akhirnya disusun dalam suatu PDF file lengkap beserta rencana keuangannya. Ini sangat membantu ketika kita sedang travelling agar perjalanan menjadi lebih terstruktur dan tidak ada tempat yang terlewati. Tentunya kita juga dari awal sudah mengetahui budget pengeluaran yang harus disiapkan.

Mau lihat contoh itinerary yang saya buat. Klik saja link berikut ini ya, dan scroll sampai paling bawah. Nanti ada file Itinerary waktu saya jalan-jalan ke Thailand.

Itinerary: [Click Here]

6. BANYAK BROWSING DAN BACA PERJALANAN ORANG LAIN



Sebenarnya dari poin ini kita akan terbantu saat menyusun itinerary. Jujur ya, kalau saya buat itinerary itu bisa sampai berjam-jam. Haha. Bagaimana memang cara membuatnya:
  • Baca berbagai kisah perjalanan orang lain ke tempat yang akan kita kunjungi
  • Sembari baca, kita list Top Destinations-nya
  • Lalu plot setiap destinasi pada area wilayah yang dekat-dekat. Pertimbangkan juga lokasi hotel kita dan stasiun MRT/LRT yang terdekat.
  • Dari bacaan kisah perjalanan orang, cari tau juga harga paling updatenya berapa jika ada biaya tiket masuk dan cari tau bagaimana caranya kesana dan berapa biaya ongkosnya.
  • Cari tahu juga jam buka dan tutupnya sehingga nanti mudah diplotkan pada urutan ke berapa tempat itu akan kita kunjungi.
  • Lakukan review apakah ada tempat yang memang seharusnya tidak perlu dikunjungi karena reviewnya tidak bagus atau harga terlalu melampaui budget.
 
7. PERSIAPKAN KESEHATAN

Salah satu hal yang mungkin disepelekan dari rencana perjalanan adalah kesehatan. Baiknya saat kita sudah semakin dekat dengan jadwal perjalanan, kita semakin menjaga kesehatan. Minum vitamin bila perlu.

Perjalanan wisata walaupun menyenangkan tapi bisa sangat melelahkan loh. Apalagi kalau kita membuat itinerary yang sangat padat (dan biasanya kalau kalian ambil perjalanan dari travel agency, jadwal juga bisa sangat padat). Oleh karena itu, kita harus memiliki kondisi yang sehat agar perjalanan dapat kita nikmati dan tentunya tidak menyusahkan teman-teman traveller kita.

8. BELAJAR PACKING

Banyak cara dalam melakukan packing agar barang-barang yang kita bawa bisa muat dalam satu backpack/koper. Misalnya, melipat pakaian yang tidak memakan tempat (dan ini juga banyak caranya loh), memiliki toiletries organizer agar teratur (dan biasanya sudah dimasukkan ke dalam botol-botol kecil yah agar tidak makan tempat), dan masih banyak lainnya. Ini saya siapkan sebuah video 15 Hack cara packing kalau mau travelling. Dan sebenarnya masih banyak di Youtube, jadi kalian bisa cari tau juga sendiri. OK.


9. MENGIKUTI & MENGHORMATI ATURAN


Ketika travelling ke suatu tempat, secara etika kita sebaiknya mengikuti dan menghormati aturan di tempat tersebut. Kita harus menurunkan ego jika ada aturan yang tidak sesuai dengan kita. Jika memang kita tidak suka, tinggalkan. Ingat kita adalah pendatang.

Menghormati aturan yang ada pada suatu daerah berarti kita juga menghormati masyarakat setempat, yang artinya kita akan menjadi mudah diterima di wilayah tersebut. Ini tentu akan menjadi keuntungan bagi kita. Jika suatu saat kita membutuhkan pertolongan, kita akan mudah dibantu oleh mereka.

Nah hal lain yang perlu dicatat adalah, menaati peraturan ini bukan hanya peraturan daerah setempat ya, tapi mulai dari aturan di bandara loh. Apalagi saat di bagian imigrasi, dimana peraturan biasanya strict. Kita ikuti aturan saja daripada kita masuk ke ruang interogasi haha. Hal kecil yang pernah saya alami dengan teman-teman saya adalah di check in Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (untung masih di Indonesia). Jadi bukan melanggar aturan sih sebenarnyam tapi lebih karena kita tidak tahu aturannya. Saat itu memang perjalanan pertama kami ke luar negeri. Antrian hanya ada geng saya dan teman-teman, jadi sesantai itu. Saya maju untuk dicek paspor, tapi teman saya yang dibelakang ikut maju dan berdiri di samping saya untuk cek paspor juga. Lalu saya dan dia jadi ditegur suruh mundur. Hahaha. Maksudnya yang suruh mundur teman saya aja gitu sampai batas antri. Katanya jangan ramai-ramai majunya, untung kalian masih di Indonesia, kalau di luar nanti dimarahin bagaimana, nasihatnya. Hahaha. Kocak sih. ya tapi hal sepele seperti itu aja kita harus tau dan patuhi. Gamau kan gajai jalan-jalan gegara dideportasi? Wkwk.

10. SIAPKAN PAKET INTERNET


Sekarang ini kita mudah mendapatkan askes internet kemanapun perjalanan kita, bahkan ke luar negeri sekalipun. Setidaknya ada tiga cara:
  1. Menyewa sebuah modem wifi portable yang dapat digunakan oleh beberapa orang. Harganya mungkin mahal, tapi kita bisa sharing harga dengan teman-teman kita, jadi lebih murah. Dimana sewanya? Banyak ko, bisa cari di instagram atau paling mudah bisa cari di situs-situs seperti Traveloka.
  2. Mengaktifkan paket roaming international dari provider yang kita gunakan sekarang. Salah satu contohnya yang cukup terkenal itu XL Pass. Jadi XL ini bekerja sama dengan provider di luar negeri. Saat kita di luar negeri, jaringan internet kita akan dialihkan ke jaringan provider yang bekerja sama dengan XL, dengan mengunakan kuota yang sama yang kita sudah paketkan saat di Indonesia. Tapi perlu mengaktifkan XL Pass-nya terlebih dahulu. Harganya berbeda-beda sesuai jumlah hari dan negara. XL Pass bisa diaktifkan saat di Indonesia atau luar negeri. Tapi saya rekomendasikan agar diaktifkan sejak di Bandara Soekarno-Hatta saja. Eh tapi ini satu contohnya yah.
  3. Beli kartu provider di negara setempat. Nah biasanya waktu di bandara ada juga yang jual kartu provider negara setempat. Bahkan mungkin ada yang sudah dipaketkan internet juga. So simpel lah. Hehe


OKE GUYS! Sekian dulu informasi dari saya. Pokoknya mau jalan-jalan kemana aja, sama saja ya. Lebih enak ke tempat yang belum pernah dikunjungi supaya eksplorasi kita ke tempat baru terus bertambah. Happy travelling guys!


You May Also Like

0 comments