REKOMENDASI 10 ES KOPI SUSU TERBAIK DI 2019, RIZKY’S VERSION



Sepertinya pengeluaran untuk jajan gw di tahun 2019 meningkat drastis gara-gara maraknya es kopi susu, baik di Bogor ataupun Jakarta. Rata-rata bisa 3 sampai dengan 4 cup es kopi susu gw beli dalam seminggu, atau bisa jadi setiap hari dari Senin - Jumat. Haha. Tapi memang bukan hanya kebutuhan terhadap kopi, gw juga penasaran untuk mencoba berbagai macam kopi yang super banyak banget kedai kopi susu berjamuran di kota besar. Bahkan gw sampai mencoba kopi ke Singapore!


KOPI. Kopi memang minuman favorit gw dan udah menjadi kebutuhan gw untuk ngeboost mood gw setiap pagi supaya lebih bersemangat dan ga ngantuk. Dulu mungkin gw lebih sering minum kopi instan sachet, atau biasanya ke Starbucks kalau mau minum kopi yang disajikan secara fresh.

Namun dalam setaun belakangan ini, trend es kopi susu semakin naik daun. Dengan harga yang lebih murah daripada Starbucks atau coffee shop besar lainnya, es kopi susu mampu mencuri pasar dengan agresif. Begitupun gw, hampir setiap hari jajan es kopi susu baik langsung ke kedainya, via Grabfood, ataupun via GoFood. Berbagai brand pun dicoba supaya tau rasa-rasanya walaupun sebenarnya sudah menemukan es kopi susu yang cocok di lidah gw.

Nah kali ini gw mau share ke kalian 10 Es Kopi Susu yang menurut gw ini enak banget dan gw rekomendasikan! Tapi kalian harus tau ya, selera setiap orang itu berbeda-beda jadi belum tentu es kopi ini juga menurut kalian the best. Gw sendiri lebih suka es kopi susu yang rasanya lebih creamy tapi tetep kerasa kopinya.

Selain 10 jenis es kopi susu yang nanti gw bahas, di tahun 2019 kemarin gw juga udah cobain Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa, Kopi Kulo, Kopi Tuya, Kopikirankamu, Kopi Sejiwa, Kopi Wolu, Sagaleh, Kopi Lain Hati, Kopi Family Mart, Onno Kopi, dan berbagai macam lainnya yang mungkin gw lupa karena kebanyakan yang gw coba. Nah di antara kopi-kopi yang gw sebutin itu bukan berarti semuanya ga enak. Ada yang menurut temen gw enak, tapi ga cocok di lidah gw. Atau menurut gw enak, tapi belum mampu menembus TOP 10 ES KOPI SUSU VERSI GW. Aseeek Hahaha.

Nah apa aja sih kopi-kopinya? CUSS kita list down!

10. ES KOPI AKU dari  HAFA COFFEE & KITCHEN BOGOR

Gambar 01  Es Kopi Aku by Hafa Coffee & Kitchen. Doc: Rizky.
Urutan ke-10 jatuh kepada Es Kopi Aku, yaitu es kopi susu yang diracik oleh barista Hafa Coffee & Kitchen. Hafa Coffee Kitchen ini merupakan kedai kopi sekaligus cafe yang terletak di Jln. Achmad Adnawijaya, Blok G2 No. 3 Kota Bogor. Dari awal peluncurannya, cafe ini lumayan terkenal memang karena cafe ini dikelola oleh seorang selebgram bernama Hamidah Rachmayanti (@hamidahrachmayanti).

Selain itu, dari segi interior, cafe ini juga sangat menarik. Tempat ini sangat cocok untuk nongkrong bersama teman-teman sambil ngopi dan juga makan-makanan ala Indonesia dan Italia. Salah satu minuman yang gw suka adalah Es Kopi Aku tentunya. Selain itu gw juga sebenernya suka Es Kopi Kamu-nya, bedanya dengan yang Aku, Es Kopi Kamu ini menggunakan krim keju di dalam racikannya.

Lokasi: Wilayah Kuliner Pandu Raya Bogor
Harga: Es Kopi Aku IDR 18,000 | Es Kopi Kamu IDR 23,000
Jam Buka: 10.00 AM - 10.00 PM
Info Lainnya: Smoking & Non-Smoking Room tersedia.
Instagram: @hafacoffeekitchen

9. ICED LATTE dari %ARABICA SINGAPORE

Gambar 02  Iced Latte by %Arabica. Doc: Rizky.
Jauh-jauh terbang ke Singapore waktu September 2019 kemarin dan merasa WAJIB cobain kopi di %Arabica. Gw pernah bahas ini sedikit ya di post traveling gw kemarin di Singapore. Kalau mau baca kalian bisa KLIK DISINI. Dibanding harga es kopi susu di Indonesia, ini harganya setara atau bahkan lebih mahal dari Starbucks haha. Gils! Gw waktu itu bingung juga tuh mau pesen apa, karena gw cuma tau signature-nya disini adalah Latte, tapi ternyata ada dua jenis Latte, yaitu Cafe Latte & Spanish Latte. Baiklah karena gw kalau ke Starbucks selalu beli Cafe Latte, jadinya waktu ke %Arabica ini gw beli Iced Cafe Latte juga. Hahaha.

Ternyata rasa Iced Cafe Latte di sini lebih tebal daripada Iced Cafe Latte pada umumnya, namun ga mungkin jantung gw berdebar. Terus juga ada rasa yang berbeda dari latte biasanya yang gabisa gw jelaskan. Dan itu yang bikin enak dan gw suka.

Tapi ya guys, ternyata kata temen gw yang lebih enak itu yang Spanish Latte yang katanya pake condensed milk gitu. Gw jujur sih belum cobain. Baiklah, next kalau balik ke Singapore gw akan cobain yang Spanish Latte %Arabica! Hahaha.

Lokasi: Kawasan Haji Lane, 56 Arab Street, Singapore.
Harga: SGD 8 / IDR 80,000
Jam Buka: 08.00 AM - 08.00 PM
Info Lainnya: Smoking & Non-Smoking Room tersedia.

8. ES KOPI RUM dari KOPI SOE

Gambar 03  Es Kopi Rum by Kopi Soe. Doc: Google.
Mau yang sedikit tidak biasa? Es Kopi Susu Rum dari Kopi Soe bisa jadi pilihan. Es Kopi Susu Rum ini masuk ke peringkat 8 menurut versi gw. Salah satu teman kantor gw sering banget pesan ini, dan sering banget ajak gw juga. So gw cukup sering cobain Kopi Soe, es kopi susu yang biasa juga enak, tapi menurut gw yang pake rum ini lebih unik dan ada aroma-aroma kuenya yang bikin khas.

Lokasi Biasa Pesan: Kopi Soe Palmerah
Harga: IDR 21,000
Jam Buka: 08.00 AM - 07.00 PM
Info Lainnya: Grab Food & Go Food tersedia.
Instagram: @kopisoe

7. ES KOPI SUSU dari ARAH KOPI

Gambar 04  Es Kopi Susu by Arah Kopi. Doc: Google.
Walaupun es kopi susu Arah Kopi ini berada di urutan ke-7, bisa dibilang kopi arah ini paling sering gw pesen, karena lokasinya sangat dekat dengan kantor gw. So kalau gw lagi butuh kopi cepet, Arah Kopi adalah pilihan prioritas gw.

Es Kopi Susu Arah ini rasanya creamy dan tetap terasa kopinya, dan cocok banget diminum sehari-hari karena tidak bikin lambung sakit. Belakangan ini gw mencoba sesuatu yang baru dari Arah Kopi karena terlalu sering beli jadi ada rasa bosan, yaitu menambahkan topping. Yaitu topping oreo dan regal gitu, cuma tambah IDR 4,000 tapi bukan main rasanya, ENAK BANGET! Karena si topping regal dan oreonya tidak cuma disimpan di dalam plastik lalu kita celup sendiri, tapi dia sudah dihancurkan dan diaduk di dalamnya.

Lokasi Biasa Pesan: Arah Kopi Tomang
Harga: Es Kopi Susu IDR 17,000 | Topping Oregal IDR 4,000
Jam Buka: 07.00 AM - 06.00 PM
Info Lainnya: Grab Food & Go Food tersedia.
Instagram: @arah_kopi

6. HEAVENLY REGAL dari ONE STOP COFFEE

Gambar 05  Heavenly Regal by One Stop Coffee. Doc: Google.
Jujur gw ga pernah beli kopi ini. Ko bisa? Haha.

Jadi suatu hari, gw diundang ke acara Tokopedia waktu campaign TokopediaByMe di gedung Tokopedia. Sambil nunggu acara mulai, ada cemilan-cemilan gitu yang bisa dinikmati oleh para tamu undangan. Salah satu minumannya ada es kopi susu. Gw ambil satu dan gw minum, BUSET ENAK BANGET! Ternyata di bawahnya itu ada puree biskuit regal gitu. Gw gatau ya disebut puree terlalu berlebihan apa engga, tapi emang si regalnya itu udah dihaluskan gitu, lalu disimpan dilapisan bawah cup sekitar 1cm mungkin ya. Lalu kayanya baru deh si kopi dituang di atasnya. Jadi ga kecampur si regalnya, kecuali kita kocok itu si cup-nya.

Gila deh gw sampe ambil dua cup guys! Hahahaha. Gw langsung searching kan itu lokasinya ada dimana aja, ternyata One Stop Coffee itu adanya di Gandaria. Pantes gw ga pernah tau ada kopi seenak ini. Jauh dari kantor! Haha. Gw sangat berharap sih One Stop Coffee buka cabang di Jakarta Barat. Tapi mungkin ga jadi kopi harian juga, harganya lumayan mahal si Heavenly Regal ini. Wkwk

Lokasi: Jln. Langsat I No. 34, Gandaria, Jakarta Selatan.
Harga: IDR 35,000
Jam Buka: 09.00 AM - 12.00 AM
Info Lainnya: Smoking & Non-Smoking Room tersedia.
Instagram: @onestop.coffee

5. ES KOPI SUSU NGERUM dari KOPI CUAN

Gambar 06  Es Kopi Susu Ngerum by Kopi Cuan. Doc: Rizky.
Minum ini mostly  di hari Senin. Kenapa?

Ceritanya temen team gw di kantor punya franchise Kopi Cuan yang di daerah Gandaria. Dan setiap hari weekend dia visit ke cabangnya dan selalu nawarin di grup kantor mau pesan kopi untuk Senin ga. Ya jadi memang kopinya yang biasa gw minum ga fresh langsung jadi, tapi kopinya disimpan di kulkas dulu gitu. Tapi memang es kopi susu ini bisa tahan hingga 3 hari di dalam kulkas selama masih di-sealed dan baiknya esnya dipisahkan.

Es kopi susu biasa dan es kopi susu ngerum-nya sama enaknya. Menurut gw mirip-mirip sama Kopi Soe tadi sih, cuma menurut gw Kopi Cuan ini lebih light. Ini bukan karena Kopi Cuan ini bisnis teman gw ya, tapi emang karena enak dan cocok di lidah gw. Hemmm yummy!

Lokasi: Kopi Cuan Gandaria, Pasar Minggu, dan Kemang.
Harga: Es Kopi Susu Ngerum IDR 15,000
Jam Buka: 07.00 AM - 08.00 PM
Info Lainnya: Grab Food & Go Food tersedia.
Instagram: @kopicuan

4. ES KOPI SUSU KAMPUNG dari DI BAWAH TANGGA

Gambar 07  Es Kopi Susu Kampung by Di Bawah Tangga. Doc: Google.
Kopi yang cukup sulit dibeli karena ga ada cabangnya di deket kantor. Kalau mau beli harus nge-GrabFood/GoFood di daerah SCBD. Biasanya kalau mau order harus banyakan peserta biar ongkirnya bagi-bagi. Hahaha. Lokasi lainnya ada di Gandaria, Sarinah, Plaza Indonesia, Antasari, City Plaza, De Entrance, Blok M Plaza, Cilegon, Kota Kasablanka, dan BOGOR. Yuhuu gw jujur sih baru tau ada juga di Bogor.

Menurut gw, es kopi susu kampung ini rasa kopinya kerasa. Creamy tapi ga terlalu creamy. So, buat kalian yang pengen rasa kopinya lebih strong, kalian bisa coba Es Kopi Susu Kampung dari Kopi Di Bawah Tangga ini.

Lokasi Biasa Pesan: Gedung Grand Lucky, SCBD
Harga: Es Kopi Susu Kampung IDR 19,000
Jam Buka: 08.00 AM - 10.00 PM
Info Lainnya: Grab Food & Go Food tersedia.
Instagram: @di.bawahtangga

3. ES KOPI SUSU TETANGGA  dari TOKO KOPI TUKU

Gambar 08  Es Kopi Susu Tetangga by Toko Kopi Tuku. Doc: Rizky.
Kayanya Es Kopi Susu Tetangga itu adalah es kopi susu pertama yang gw coba deh. Tapi paling jarang minum, karena jauh sangat. Kalau mau beli harus nge-GrabFood atau GoFood dari Fatmawati. Gils jauh banget, ongkirnya aja setara dengan satu cup coffee kayanya. Hahaha. Jadi ga jauh beda sama Kopi Di Bawah Tangga, kalau mau mesen harus cari masa dulu. Untungnya cari masa kopi tuku itu gampang, karena peminatnya banyak. Ya memang enak rasanya. Eh tapi, sekarang udah banyak cabangnya si Toko Kopi Tuku ini, ada di Senopati, Bintaro, BSD, Bintaro, Gading Serpong, Karang Tengah, dan Cibubur.

Menurut gw lebih strong lagi dari Kopi Di Bawah Tangga. Tapi es kopi susu gula aren ini lebih enak menurut lidah gw. Ya walaupun udah coba berbagai macam jenis kopi, Kopi Tuku masih belum tersingkir terlalu jauh. Selamat ada di peringkat ketiga! Yahoo.

Lokasi Biasa Pesan: Cipete
Harga: Es Kopi Susu Tetangga IDR 18,000
Jam Buka: 07.00 AM - 10.00 PM
Info Lainnya: Grab Food & Go Food tersedia.
Instagram: @tokokopituku

2. ES KOPI NAKO dari KOPI NAKO

Gambar 09  Es Kopi Nako by Kopi Nako. Doc: Google.
Peringkat kedua kembali lagi ke Bogor, yaitu Es Kopi Nako. Awalnya pengen ke Warung Nako karena tempatnya itu hits banget. Jadi Warung Nako ini sebuah restoran prasmanan yang juga ada kedai kopinya, bernama Kopi Nako. Dengan suasana cafe yang minimalis dan instagrammable, wajar sih banyak banget millenials yang datang ke sini untuk makan, nongkrong, dan foto-foto.

Makanan di Warung Nako-nya enak. Dan surprisingly, waktu nyobain es kopi susunya juga WUENAK BANGET. Sampe gw berpikir ini akan menjadi es kopi susu paling enak nih. Creamy banget. Ah suka deh pokoknya, sampe berniat pengen beli lagi saat udah abis segelas. Tapi sayang harus kasian sama lambung yang punya maag ini. Hahaha.

By the way, waktu gw cek Zomato, gw baru tau sih kalau Kopi Nako ada juga di Jakarta, yaitu di Pancoran Mas dan Melawai. Lalu ada juga di Serpong Utara. Dan di Bogor Sendiri ada di Bogor Timur dan Bogor Selatan.

Lokasi Gw Coba: Jln. Pajajaran Indah V No. 7, Bogor Timur
Harga: IDR 23,000
Jam Buka: 08.00 AM - 12.00 AM
Info Lainnya: Smoking & Non-Smoking Room tersedia.
Instagram: @kopinako @kopi.nako

1. ES KOPI SUSU BATAVIA dari DJOURNAL COFFEE

Gambar 10  Es Kopi Susu Batavia by Djournal Coffee. Doc: Google.
Akhirnya kita sampai ke urutan nomor satu. Penasaran ga sama rasa kopinya?

Gw sebenarnya udah punya pengalaman ke Djournal Coffee sebelumnya, ya kan karena Djournal Coffee itu mirip kaya Starbucks ya, kedai kopi yang besar. Dan biasanya gw pesen Iced Cafe Latte kaya biasa gw pesen di Starbucks.

Semenjak maraknya es kopi susu, lalu gw penasaran karena ternyata waktu gw mengunjungi Djournal Coffee di Grand Indonesia ada menu Es Kopi Susu Batavia. Ya gw pesen deh karena penasaran sama rasanya.

DAN TERNYATA...
Es kopi susu ini bukan creamynya yang bikin gw jatuh cinta, tapi gula aren-nya yang super enak. Gw ngerasa gula aren si Es Kopi Susu Batavia ini berbeda gitu sama es kopi susu gula aren lainnya. Pokoknya beda gitu deh. Terus ada krimnya. Dan setelah dikocok agar semuanya menyatu. HADUUUUU ENAK BANGET!

Harganya lumayan mahal dibanding es kopi susu pada biasanya, tapi bagi gw ini worth banget. Ada hal lucu deh, kalau weekend beli es kopi susu ini di Grand Indonesia, dan belinya gak maleman, bisa jadi es kopi susunya udah abis. Hahaha, Gw pernah tanya gitu ke kasirnya, ko bisa habis Mas? Dia bilang iya kalau weekend itu dari siang Es Kopi Susu Batavia ini udah high demand jadi kalau maleman out of stock. Amazing sih ya!

Lokasi Biasa Gw Datengin: Grand Indonesia, West Mall, Ground Floor.
Harga: IDR 35,000
Jam Buka: 08.00 AM - 12.00 AM
Info Lainnya: Smoking & Non-Smoking Room tersedia.
Instagram: @djournalcoffee

You May Also Like

0 comments