TUTORIAL MENGGUNAKAN PRESETS LIGHTROOM



Belakangan ini, banyak orang-orang menginginkan untuk memiliki Instagram feed yang rapi. Selain menjadi enak dipandang mata, bagi para influencers/KOL, feed yang rapi akan lebih mudah membuat brand/agency tertarik untuk mampir dan scrolling foto-foto di feed Instagram. Nah, bagaimana cara membuat Instagram feed yang rapi? Salah satunya adalah membuat foto-foto kita memiliki color-tone yang sama. Ada banyak cara yang dapat membuat color-tone foto-foto kita menjadi sejenis, yang paling simple adalah menggunakan presets Lightroom. Nah pada artikel ini gw ingin share ke kalian tentang tutorial menggunakan presets Lightroom. So stay tune guys!


Lightroom CC adalah aplikasi mobile baik di Android ataupun Iphone untuk edit foto. Kalau gw, biasanya menggunakan Lightroom untuk koreksi atau enhance warna pada foto. Serunya, di sini kita bisa juga save setting-an edit fotonya, dan nanti kita bisa pakai lagi setting-an fotonya saat kita mau edit foto yang lain.

Tapi kalau liat para influencers atau selebgram papan atas, feed mereka itu cantik-cantik banget. Setuju ga? Gimana ya cara setting warnanya? Nah biasanya kebanyakan dari mereka itu pake presets Lightroom. Jadi settingannya beli satu paket. Dalam satu paket itu ada beberapa jenis, karena kan setiap foto itu beda-beda ya pencahayaannya, jadi nanti disesuaikan saja. Misal, gw mau beli presets setting “90’s Style”. Nanti di dalam satu paket presets Lightroom “90’s Style” ini ada 8 jenis setting yang bisa digunakan dengan tema ‘90’s Style’ tadi. Nanti setting fotonya tinggal di-copy, lalu paste ke foto kita yang mau diedit. Simpel!

Nah beli presets-nya dimana? Banyak banget yang jual presets sekarang itu di Instagram. Kalau gw sendiri beli di Instagram @123presets atau website-nya www.123presets.com. Jadi kalian bisa cek-cek dulu tuh di websitenya kalian sukanya yang mana, kalau misal udah nemuin yang cocok tone warna yang kalian suka, baru deh beli. Jangan lupa pake kode voucher “PRESETS30” buat dapetin diskon 30%. Mayan gaes!

Oke , langsung kita mulai yah tutorialnya!

1. DOWNLOAD APLIKASI LIGHTROOM CC

Kalian bisa download aplikasi Lightroom CC ini pada Google Play Store atau Apple Store kalian.



2. DOWNLOAD PRESETS LIGHTROOM

Kalian harus punya dulu settingan presets Lightroom-nya. Di bawah ini screenshot dari website www.123presets.com tempat aku beli presets yah. Nah ada banyak pilihan bukan?



Ketika kalian download, biasanya dalam bentuk .zip atau .rar gitu, jadi kalian perlu extract dahulu. Smartphone sekarang canggih kok, kalian tinggal buka File Manager gitu lalu klik Extract Files. Nanti file presetsnya itu bentuknya kaya picture gitu dengan extension .dng.


3. IMPORT PRESETS KE APLIKASI LIGHTROOM

Setelah selesai kita extract, selanjutnya kita akan import presets files ke aplikasi Lightroom.

  • Step 3.1. Buka aplikasi Lightroom CC
  • Step 3.2. Create New Album. Beri nama “Presets New”. Klik OK.
  • Step 3.3. New album akan muncul di halaman HOME aplikasi.
  • Step 3.4. Buka album Presets New. Import file presets dengan membuka file dari device.
  • Step 3.5. Pilih semua file yang sudah diextract tadi. Lalu klik ADD. Dan file akan ke impor pada album Presets New tadi.
  • Selesai deh!
Step 3.1
Step 3.2

Step 3.4

4. CARA EDIT FOTO DENGAN PRESETS

Sekarang kita bahas ya bagaimana sih cara edit fotonya dengan presets. Susah? No, guampang banget!

Tapi yang perlu kalian ketahui, walaupun sudah menggunakan presets ini mungkin masih ada hal yang belum sesuai, kita masih bisa adjust-adjust lagi di aplikasi Lightroom-nya. Gw sendiri biasanya suka adjust di bagian Vignette dan Smoothness.

Oke langsung ke tutorial editnya yah!


  •     Step 4.1. Buka aplikasi Lightroom CC dan import foto yang kalian mau edit.
  •     Step 4.2. Kembali ke folder Presets New lalu pilih presets mana yang mau dicoba. Kali ini aku mau pake ‘Vintage Dream V6’.
  •     Step 4.3. Klik tombol 3 titik di ujung kanan atas, klik Copy Setting.
  •     Step 4.4. Klik OK. Sampai saat ini, pengaturan presets-nya sudah ke-copy dan siap diaplikasikan ke foto yang mau kita edit.
  •     Step 4.5. Buka kembali foto yang mau di-edit, lalu klik juga tombol 3 titik di ujung kanan atas tadi. Klik Paste Setting.
  •     Step 4.6. Foto sudah selesai menggunakan presets setting ‘Vintage Dream V6’. Mudah bukan? Nah tapi bagi gw foto ini masih terlalu terang, jadi gw akan turunin exposure-nya dan tambah smoothness-nya.
  •     Step 4.7. Pilih menu yang dilingkari itu, dan turunkan exposurenya. Sesuai selera saja yah hehe.
  •     Step 4.8. Sekarang kita atur smoothnessnya, pilih menu di bawah ini lalu naikkan bagian yang Noise Reduction. Sesuai selera juga saja yah hehe.
  •     Selesai deh!
Step 4.2
Step 4.3
Step 4.4
Step 4.5
Step 4.6
Step 4.7
Step 4.8
Nah berikut ini foto BEFORE and AFTER-nya ya teman-teman!



Seru yah edit fotonya, bayangkan kalau semua foto-foto kita bisa satu tone gitu. Jadi ganteng deh feed Instagram kita! Hehehe.


Baiklah guys, sudah dulu ya info tutorial presets Lightroom CC-nya. Selamat mencoba!

Jangan lupa share juga artikel ini ke teman-teman kalian. Dan share juga hasil editan kalian ke Instagram Story, mention gw supaya gw bisa notice juga. Good bye! Happy weekend!

You May Also Like

2 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aku sendiri juga sering menggunakan preset untuk menghasilkan foto yang menarik..

    Tapi biasanya bikin sendiri, baru tahu sekarang ga ush ribet Krn bisa dpt dari website yang kakak kasih, thank you infonya Kak..

    ReplyDelete