REVIEW SOMEBYMI AHA-BHA-PHA 30 DAYS MIRACLE TONER



SomeByMi Miracle Toner AHA BHA PHA 30 DAYS ini merupakan salah satu toner favorite yang pernah gw pake, karena gw cukup merasakan efeknya setelah pemakaian kurang lebih setengah botol. Dan gw sudah punya satu botol lagi buat stok.

Apa yang pertama kali ada di pikiran kalian waktu mendengar kata Toner AHA BHA PHA?

Acid? Ya benar. Jadi sebenernya, AHA BHA PHA adalah tiga jenis asam/acid, yaitu Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA), dan Poly Hydroxy Acid (PHA). Ketiga jenis asam ini berasal dari kelompok asam yang berbeda loh. Misal AHA berasal dari kelompok asam glikolat dan asam laktat, BHA berasal dari kelompok asam salisilat, sementara PHA sendiri merupakan kandungan asam yang bisa ditemukan pada asam laktobionat dan galaktosa.

Nah belakangan ini skincare yang menggunakan ketiga asam ini lagi cukup digemari banyak pecinta skincare, khususnya para pecinta skincare Korea Selatan. Siapa yang setuju? Emang apa sih manfaatnya? Sebenarnya, yang paling utama manfaat dari ketiga asam ini adalah untuk eksfoliasi sel kulit lapisan terluar (epidermis) atau keratolitik. Nah lebih detailnya adalah sebagai berikut ya:

  1. AHA yang bersifat lebih hidrofilik (lebih terikat air), mampu meresap ke dalam lapisan sel kulit lebih mudah dan cepat. Dia akan merusak ikatan antar sel-sel keratin dan lebih mudah terekfoliasi. Skincare yang mengandung AHA, cenderung cocok untuk semua jenis kulit.
  2. BHA bersifat lipofilik (lebih terikat lemak), mampu membantu proses penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kulit. Biasanya kandungan BHA ini lebih cocok digunakan pada kondisi kulit yang berminyak dan berjerawat.
  3. PHA memiliki bentuk molekul yang lebih besar disbanding AHA dan BHA, sehingga efek eksfoliasinya tidak sekeras AHA dan BHA. Jadi PHA akan lebih cocok untuk kulit yang kering dan sensitif. Walaupun begitu, PHA mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata.


Lalu apa yang terjadi jika ketiga asam ini ditemukan dalam satu produk skincare? Kebayang ga bagaimana efeknya? Luar biasa ga sih? Nah itu yang ada di pikiran gw setelah gw awalnya teracuni sama video skincare-nya Suhay Salim yang bahas tentang SomeByMi (SBM). Gw jadi cari tau tentang toner yang berasal dari negeri Ginseng ini.


KANDUNGAN YANG ADA DALAM
AHA-BHA-PHA 30 DAYS MIRACLE TONER SOMEBYMI

Yap jadi di dalam toner SBM ini terdapat ketiga kandungan asam tadi, Niacinamide 2%, dan Real TeaTree 10,000 ppm. Nah apalagi tuh Niacinamide dan Real TreaTree 10,000 ppm? Oke gw jelasin singkat yah.

Niacinamide
Niacinamide/Niacin adalah salah satu jenis Vitamin B3 yang memiliki fungsi untuk melembabkan kulit, mengatasi jerawat, merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga noda hitam dapat tersamarkan, dan mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak akibat paparan sinar UV sehingga mampu mencegah kanker kulit melanoma.

Efek Samping: Niacinamide ini harus hati-hati nih guys bagi pemilik kulit sensitif, karena biasanya suka ada reaksi alergi, Jadi bagi yang kulit sensitif baiknya coba dulu toner SBM ini ke bagian belakang telinga, dagu, atau bawah pipi (dekat leher), dan tunggu reaksinya selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi gatal atau kemerahan, maka kulit kita bisa menerima si Niacinamide ini.

Real TeaTree 10,000 ppm.
ppm atau kepanjangannya part per million itu adalah konsentrasi zat terlarut dan pelarutnya. Artinya jika Real TeaTree 10,000 ppm, dalam setiap satu juta cc air (kita ambil ilustrasi satuannya cc yah), terdapat 10,000 cc ekstrak tea tree. Nah gw pernah baca nih, kandungan 10,000 ppm si Tea Tree dalam toner ini udah cukup banget untuk memberikan efek yang maksimal dari Tea Tree-nya. Tea Tree sendiri udah dikenal banget memiliki manfaat untuk mengobati jerawat.


PENGALAMAN PRIBADI

Jujur ya, dari semua toner yang pernah gw pake, dari BioEssence dan yang terakhir Safi. Toner SBM AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner ini yang memiliki efek yang lumayan cepet banget. Gw udah habis setengah botol, ini udah sebulan pake, sesuai namanya ya ada “30 Days”-nya, gw udah ngerasain perubahan pada kulit. Ga sesignifikan yang kaya muka gw langsung jadi kaya Oppa-Oppa Korea ya guys hahaha.

Tapi ge ngerasa jerawat bruntus yang keciiiil-keciiiil di daerah dagu dan kening itu mulai kering. Gw bener-bener rutin pake toner ini pagi dan malem. Emang bagi gw menggunakan toner itu harus pake kapas jenis kasa gitu, yang ga terlalu nyerap banyak. Karena tekstur toner ini bener-bener encer. Misal kapasnya habis, bisa tuangkan dikit-dikit ke telapak tangan, lalu pakai tangan satunya dikit-dikit tepok ke bagian kening, pipi kanan, pipi kiri, daerah hidung, dagu, dan bawah muka (sekitar leher atas), secara bergantian dan perlahan sambil ditepok-tepok ringan biar cepet meresap. Tanpa ditepuk-tepuk pun aslinya cepet banget meresapnya. Aromanya kerasa banget kaya aroma Tea Tree, sedikit wangi obat tapi ga mengganggu sih. Prediksi gw wanginya begitu karena emang karena kandungan asam dan tea-tree. Oya! Buat kalian yang cari toner buat mengatasi jerawat batu juga toner SBM ini bisa jadi pilihan. Review-nya Suhay Salim, katanya toner ini membantu banget waktu lagi ada jerawat batu.

Selain jerawat bruntus yang hilang, gw juga jadi jarang jerawatan, dan muka ga terlalu kusam. Mungkin karena kandungan Niacinamide tadi yah.

Beberapa orang merasakan ada efek celekit-celekit waktu pake ini. Apakah berbahaya? Menurut gw engga ya, karena wajar saja ini kan mengandung acid yang keras ya si AHA-BHA itu. Namanya juga untuk exfoliating. Tapi tetep aman ko, apalagi toner SBM yang ini pH-nya sudah disesuaikan dengan pH kulit gitu. Jadi, kalau kalian ada yang merasakan celekit-celekit, mungkin kulit kalian lebih sensitive dari orang lain. Saran saya, berarti jangan gunakan langsung ke muka. Kalian bisa coba dulu ke bagian dagu, atau leher bagian atas, atau bagian mana saja yang kalian bisa gunakan untuk tes sensitivitas skincare. Kalau gw sendiri, memang pada awaaal banget toner ini diaplikasikan ada rasa geli-gelinya. Tapi ya udah gtu doang, besoknya udh ga ada rasa apa-apa lagi. Kaya langsung beradaptasi hahaha. Namanya juga kulit cowok ya guys, agak badak.

MANFAAT

Nah, setelah sebelumnya kita udah bahas tentang acid AHA-BHA-PHA, Niacinamide, dan Tea Tree, kita tahu manfaat semuanya. Lalu apakah klaim dari SBM tentang manfaat toner ajaib ini?

  • Membantu eksfoliasi kulit untuk mengelupaskan sel-sel kulit lama yang sudah mati dan digantikan dengan lapisan sel yang baru dan lebih sehat.
  • Diberikan nutrisi vitamin B3 yang membantu untuk menyamarkan noda hitam dan melembabkan kulit.
  • Mempercepat perbaikan sel DNA yang rusak sehingga mengurangi risiko kanker kulit melanoma.
  • Melembabkan kulit.
  • Membantu mengurangi bekas jerawat dan mempercepat pematangan jerawat yang memerah bahkan jerawat batu.


Nah gimana guys jadinya? Tertarik buat coba ga? Gw aja udah ada stok 1 lagi. Kalian bisa beli SomeByMi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner ini di offline store kaya di Sogo atau toko-toko semacam ini di mall ya, atau bisa juga di online kaya di Tokopedia atau Shopee.

Ngomong-ngomong tentang Shopee, gw udah mulai buat nih rekomendasi skincare dan fashion yang gw gunakan di akun Shopee gw. Jadi gw nanti upload-upload di Shopee feed. Contohnya untuk produk ini gw upload di sini: https://feeds.shopee.co.id/universal-link/share/AEglQOvyAgA9nq4DAAAAAA==?smtt=0.0.3. Jadi kalian kalau mau beli, tinggal klik aja foto dan produknya. Ini juga sama kaya di Tokopedia By Me gw, di https://tokopedia.by/rardinsyah. Lebih simple kan? Hehehe.

Oke sampai jumpa di review skincare selanjutnya! Hehehe. Daaaaah~~~~

You May Also Like

3 comments

  1. Belum pernah coba, tapi banyak banget yg review produk skincare nge hits ini, dan pada bilang bagus. Toner idaman nih, aku mau ah cobain nanti klo toner ku udah abis 😁😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Farrah. Iya ini juga salah satu toner terbaik yg pernah aku pake. Karena efeknya bisa aku rasain dalam 2 minggu pakai. :)

      Delete
  2. kakak tipe kulitnya apa?
    dari dulu penasaran banget nyobain produk ini, tapi keinginan buat beli masih belum kuat nih. ditambah lagi, takut ga cocok sama skincare korea, soalnya jenis kulitnya kan beda iklim :")

    ReplyDelete