Rekomendasi 6 Drama Korea untuk Teman PPKM | Kamu Udah Nonton Belum?

by - Juli 11, 2021



PPKM beneran bikin bosen banget di rumah ya guys. Tapi kita harus mendukung PPKM ini supaya Covid-19 di Indonesia cepat selesai. Nah, gw tau nih pasti kalian juga udah bosen banget nonton, bingung mau nonton Drama Korea apalagi pasti. Oleh karena itu, gw mau rekomendasiin ke kalian 6 Drama Korea ini yang menurut gw wajib juga ditonton.

Pasti kalian bingung, "Kok drama XXX ga ada di sini kan itu juga seru banget?" Yes betul Drama Korea itu buaanyak banget yang seru sampe gw aja bingung mau milih yang mana aja ya, Start Up aja ga ada kan di sini, karena gw yakin sih pasti kalian pecinta Drama Korea hampir sebagian besar udah nonton Start Up haha. Di sini rencananya gw mau bikin dulu aja 6 list ini. 6 list ini ada genre drama yang ringan, sedang, sampe berat. Ini drama-drama yang udah gw tonton atau lagi on-going gw tonton ya. Paling berat kaya Penthouse ga ada ya. Terlalu berat nanti bikin imun jadi drop guys karena emosi HAHAHAHAHA.

Nah drama apa aja sih? Yuk cekidot!

1. HOSPITAL PLAYLIST





Drama ini adalah drama yang paling bisa membuat imun kita naik guys. Sekarang drama ini lagi on-going Season 2, jadi buat kalian yang mau nonton Hospital Playlist, mendingan nonton dulu dari Season 1 yah.

Emang ceritanya tentang apa? Apa serunya?

Drama ini tuh ringan dan renyah banget ditontonnya. Menceritakan tentang 5 orang sahabat yang berprofesi sebagai dokter di sebuah rumah sakit bernama Yul-Je Hospital, Lee Ik-Jun (diperankan oleh Jo-Jung-Suk), Ahn Jeong-Won (diperankan oleh Yoo Yeon-Seok), Kim Jun-Wan (diperankan oleh Jung Kyoung-Ho), Yang Seok-Hyeong (diperankan oleh Kim Dae-Myung), dan Chae Song-Hwa (diperankan oleh Jeon Mi-Do). Kelima dokter ini diceritakan sebagai dokter muda yang pintar dan berprestasi. Sumpah nonton ini tuh bikin gw "Guys please terima gw jadi geng kalian." Pokoknya mereka ini kaya sahabat sehidup semati lah istilahnya. Lebay anjir bahasa gw ya wkwkwk.

Drama ini tuh ga ada konfliknya guys. Lah apa serunya dong? Entah lah guys gw juga bingung sama ini drama, ga ada konfliknya tapi kenapa bisa seseru itu. Drama ini banyak menceritakan bagaimana kehidupan dokter, nurse, dan pekerja lainnya di rumah sakit yang super busy. Drama ini benar-benar menggambarkan sebuah rumah sakit idaman semua orang yang fasilitasnya lengkap, bersih, perawatnya baik dan tanggap, dan memiliki kelima dokter hebat seperti mereka. Konflik yang mungkin ada di drama ini tuh ringan dan kebanyakan kaya one-time conflict gitu loh. Misal ada konflik batin antara pasien dan rumah sakit/dokter. Selain itu juga, ada konflik percintaan tapi bukan konflik besar. Contoh ya, dokter Ahn ini disukai sama seorang suster. Dokter Ahn ini tapi gamau pacaran karena awalnya pengen pindah haluan jadi seorang pastor. Si suster padahal udah selalu ngasih kode. Ya gitu konfliknya, bukan yang berat. Jadi ga kentang nontonnya juga.

Terus kita dapet ilmu-ilmu tentang kedokteran juga deh di sini. Gw yang impulsif, yang selalu pengen jadi "apa yang diperankan tokoh drama Korea", abis nonton drama ini, gw jadi pengen dokter di rumah sakit Yulje. LOL.


2. SHE WAS PRETTY




Kalau She Was Pretty ini bukan drama baru guys. Ini drama lama, tahun 2015. Tapi secara visualisasi dan cinamtography ga keliatan jadul ko. Masih enak ditonton guys.

Pemeran utama drama ini adalah Park Seo-Joon sebagai Sung-Joon dan Hwang Jung-Eum sebagai Hye-Jin. Selain itu, ada Koh Jon-Hee sebagai Min Ha-Ri dan Choi Si-Won sebagai Kim Shin-Hyuk. Drama ini adalah perpaduan jenis drama perkantoran dan romantis. Konflik dalam drama ini juga bisa dibilang ringan. Jadi 'She Was Pretty' cocok banget buat kalian yang pengen nonton drama yang ringan dan gak cheesy.

Drama ini menceritakan tentang dua orang teman yang sempat terpisahkan. Waktu kecil Sung-Joon ini anak yang gendut dan jelek, dia ga punya teman, tapi Hye-Jin mau berteman dengan Sung-Joon. Padahal Hye-Jin ini diceritainnya anak yang cantik dan terkenal gitu deh. Sayangnya, Sung-Joon harus ikut bapaknya nih pindah ke US. Nah, ketika sudah dewasa dan Sung-Joon kembali ke Korea, Sung Joon ini jadi orang yang ganteng pisan dan keren lah (ya segimana kerennya Park Seo Joon itu wkwkwk) tapi kebalikannya, Hye-Jin jadi orang yang cupu dan jelek. Mereka ini kerja di satu kantor, Sung-Joon jadi direkturnya. Tapi Hye-Jin ga memberitahu tuh kalau dia ini temen masa kecilnya, karena malu. Nah disinilah, ceritanya mulai berjalan sampe akhirnya Sung Joon tau kalau Hye-Jin ini teman masa kecilnya dulu. Oya di setiap akhir episode, akan ditampilkan mereka latihan band bersama karena mereka memiliki hobi bermain musik sejak sekolah dulu. Itu kenapa kali ya judul dramanya Hospital Playlist hehe. Seru deh pokoknya. 

Kamu udah nonton ini belum? Hehehe.

3. WHAT'S WRONG WITH SECRETARY KIM




Lagi, drama ini diperankan oleh Park Seo-Joon. Jujur gw suka sih sama drama-drama yang diperankan Seo Joon. Drama lainnya yang juga hits adalah Itaewon Class dan Fight For My Way. Nah, kalau di drama ini, Park Seo-Joon berperan sebagai Lee Young-Joon dan bermain peran bersama salah satu aktris favorit gw juga nih, Park Min-Young (yang berperan sebagai Kim Mi-So).

Sesuai judul, ketawan dong yah kalau Kim Mi-So ini berperan sebagai apa? Yes, sekretaris. Mi-So berperan sebagai sekretaris Young-Joon. Hal yang unik dari drama ini. Young-Joon diceritain sebagai sosok bos yang perfeksionis, pintar, tampan, dan narsis. Kim Mi-So ini ibaratnya udah kaya jodohnya Young-Joon banget, dia sekretaris yang sama perfeksionisnya kaya Young-Joon. Segala jadwal dan kebutuhan Young-Joon diatur oleh Mi-So, yang bikin hidup Young-Joon ya ketergantungan sama Mi-So.

Tapi sayangnya suatu saat ada kesalahpahaman di antara keduanya yang membuat Mi-So mau resign. Maaaan, padahal Mi-Son ini udah 9 taun kerja sebagai sekretarisnya Young-Joon. Ya pokoknya konflik bermulai saat itu. Konfliknya pun dikategorikan ringan karena di sini cerita konfliknya pun jadi banyak lucunya ya menurut gw. Haha. Wajib banget sih ditonton.

4. K2




Ketiga drama pertama tadi itu drama ringan, sekarang kita naik kelas yang konfliknya berat yuk. Ini ceritanya lumayan berat nih, gegara ada unsur politik, konspirasi, dan kekerasan. Tapi ya ga bosenin karena selain pemerannya ganteng dan cantik, dari sisi alur ceritanya juga seru banget. Pemeran utamanya sudah pasti terkenal di kalangan cewe-cewe, Ji Chang-Wook (sebagai Kim Je-Ha) dan yang terkenal karena cantiknya, YoonA SNSD/Girl's Generation (sebagai Go An-Na). Oya ini juga bukan drama baru, ini drama tahun 2016 kalau ga salah. Siapa tau kalian belum nonton, ini menurut gw cukup recommended.

Awal mulanya itu Kim Je-Ha dituduh dan dijebak ngebunuh mantan pacarnya (Rinaya) waktu di Irak, lalu jadi buron. Kim Je-HA akhirnya balik ke Korea Selatan dan ditawarin menjadi pengawal pribadi Choi Yoo-Jin, istri dari calon presiden Jang Se-Joon. Kandidat calon presiden lainnya itu ternyata terlibat kasus pembunuhan si Rinaya itu. Jadi Je-Ha menerima pekerjaan pengawal itu. Di sini lah dia bertemu An-Na, karena selain jadi pengawal Choi Yoo-Jin, Je-Ha juga diminta buat jagain  An-Na, putri dari Jang Se-Joon tapi yang disembunyikan gitu loh. Choi Yoo-Jin cuma ibu tiri aja. 

Kemudian Je-Ha dan An-Na ini saling menyukai. Konflik pun mulai semakin merambah kesana-kesini. Je-Ha ga cuma harus mengawal Choi Yoo-Jin, tapi dia juga harus mikir strategi balas dendamnya atas kematian Rinaya dan menjaga An-Na yang terancam juga nyawanya. Konspirasi di sini bener-bener bikin lumayan mikir dan kesel. Tapi tenang, ga akan seemosi Penthouse atau The World's Marriage itu loh wkwkw.

5. SWEET HOME




Siapa di sini yang lagi tersongkang-songkang? Hahaha. Kalian udah belum nonton drama Song Kang yang ini? Ini drama tahun lalu (2020) yang bercerita tentang manusia yang berubah menjadi monster. Udah ketebak ya jadi genre film Sweet Home ini adalah fantasi, thriller, dan misteri. Ini adalah serial drakor yang cukup banyak aktor/aktris yang pasti kalian sering liat juga misal Song Kang (sebagai Cha Hyun-Soo), Lee Jin-Wook (sebagai Pyeon Sang-Wook), Lee Si-Young (sebagai Seo Yi-Kyeong), Lee Do-Hyun (sebagai Lee Eun-Hyuk), Go Min-Si (sebagai Lee Eun-Yoo), bahkan artis senior seperti Kim Sang-Ho (sebagai Han Du-Sik).

Drama yang dibesut sama Netflix ini denger-denger punya budget yang cukup mahal loh, padahal drama ini bisa disebut pendek banget cuma 10 episode dan setiap episodenya pun paling satu jam paling lama. Dari awal tayang aja udah jadi bahan perbicangan dan masuk 10 besar TV Show loh di Netflix. Visualisasinya pun memang patut diacungi jempol sih. Shootingnya padahal cuma di sebuah apartemen tapi bikin deg-degan banget deh asli. Terus filmnya juga ga bosenin, karena ceritanya tuh dibikin padet (ya makanya cuma 10 episode doang), dan kita bisa nikmatin film ini terus-terusan. Dijamin kalian nonton ini bakal marathon deh. Penasaran ga? Tonton yak! 

6. SKY CASTLE




Hiya hiyaaa ini adalah drama mirip-mirip Penthouse namun tuntas dalam satu season aja guys. Drama ini sih ga se-dakjal Penthouse, masih ada orang baiknya lah di sini. Cuma memang dari alur ceritanya itu mirip dengan Penthouse.

Gw sudah menobatkan drama ini sebagai drama terbaik yang gw tonton di tahun 2019. Azeeek. Tadinya hampir tersaingi oleh Vagabond, namun saat gw nonton episode terakhir Vagabond. EH BHYE! Gw emosi. Jadi fix, drama terbaik yang gw tonton di 2019 adalah Sky Castle. Walaupun sebenernya gw nonton drama ini tuh telat banget, karena gw liat ini drama kirain drama perselingkuhan. Abis covernya kaya gitu. HAHAHA. Tapi ternyata jalan ceritanya tidak tercerminkan dari Cover Dramanya guys. Wkwkwk.

Drama ini menceritakan kehidupan orang Korea Selatan yang tajir dan tinggal salam suatu kluster perumahan bernama Penthouse dimana orang tuanya memiliki profesi sebagai dokter dan profesor. Tapi kayanya masih lebih kaya para orang tua di Penthouse sih, WKWKWK.

Nah, para orang tua ini sama banget memiliki ambisi yang sangaaaaaat besar terhadap anak-anak mereka agar bisa masuk Seoul National University di jurusan kedokteran dan menjadi penerus orang tua mereka. Mereka tuh kaya udah mikirin anaknya harus masuk SMP dan SMA mana agar nanti bisa mudah masuk kedokteran. Jadi kasian banget dari kecil aja mereka udah diporsir cuma buat belajar. Kaya kehidupan anak-anaknya tuh ga ada buat main, lebih lebih dari jam kerja guys. Dari pagi sampe tengah malem mereka sekolah dan les. 

Sampe akhirnya ada seorang guru les yang sudah terkenal di Korea Selatan yang bisa menjamin anaknya bisa masuk Kedokteran SNU namun setaun dia cuma nerima satu atau dua murid gitu, gw agak lupa nih di sini. Jadi rebutan siapa yang mau bayar besar. Tapi guru ini juga ga cuma menuntut dari keuangan saja, ada hal hal lainnya yang menjadi persyaratan. Gila deh pokoknya psikopat.

Konflik-konflik pun mulai terjadi di lingkungan Sky Castle dan sekolah. Namun penyajian konflik di sini lebih jelas dan terarah, tidak serumit Penthouse. Oleh karena itu, buat yang belum menonton drama ini, menurut gw Sky Castle masih bisa diterima untuk ditonton di saat PPKM seperti ini hehehe.



Nah guys, itu saja 6 Drama Korea yang gw bisa rekomendasikan. Selamat menonton!

Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan. Bagi yang tidak ada kepentingan penting lebih baik di rumah saja. Jaga kesehatan! Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan. Bagi teman-teman yang sedang sakit atau positive Covid-19, semoga lekas sembuh lagi ya guys. Amin. ^^


You May Also Like

0 Comments